PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR
RSS icon Email icon Home icon
  • PROFIL

    PRODI ILMU LINGKUNGAN – PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR DAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT

    PENGANTAR

    Minat Pengelolaan Infrastruktur dan Pembangunan Masyarakat bertujuan menghasilkan Master of Science (MSc) dan Doktor yang memiliki keahlian dan kompetensi dalam mengelola infrastruktur (transportasi, telekomunikasi, irigasi, embung, energi, air bersih, sanitasi lingkungan dan lain-lain) dan pembangunan masyarakat. Mahasiswa dibekali kemampuan membuat analisis berdasarkan integrasi ide dan pengalaman lapangan tentang strategi mengelola infrastruktur dalam kegiatan pembangunan baik di level lokal, regional maupun nasional. Mahasiswa juga dibekali kemampuan melakukan penelitian dan advokasi dengan bereferensi pada teori-teori dan metodologi yang berkembang dalam ilmu-ilmu teknik, geografi, sosial, ekonomi dan kebijakan sosial. Mahasiswa didorong mengembangkan analisis dengan pendekatan multidisipliner (multidiciplinary approach) dan mengutamakan penelitian lapangan (field research).

    Keahlian mengelola infrastuktur sebagai agen perubahan sangat dibutuhkan terutama karena kegiatan pembangunan di negeri ini sebenarnya bukan hanya mendorong pertumbuhan ekonomi (economic growth) tetapi juga memfasilitasi pemberdayaan (empowerment), serta meningkatkan inovasi dan kreativitas. Minat Pengelolaan Infrastruktur dan Pembangunan Masyarakat dikembangkan sejak 2009, dibidani oleh UGM bekerja sama dengan The Faculty of Internasional Institute for Geo-Information Science (ICT), University of Twenty Belanda. Minat ini menerima mahasiswa lulusan (S1) dari semua jurusan/disiplin. Mahasiswa dapat mengajukan beasiswa dengan kualifikasi tertentu kepada Sekolah Pasca Sarjana UGM atau Kementerian seperti Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

    KARIER

    Pemerintah Indonesia kini memberi prioritas pembangunan infrastruktur, terutama bertujuan untuk mendukung konektivitas antar wilayah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Anggaran pembangunan infrastruktur dari tahun ke tahun terus meningkat. Alokasi dana pembangunan desa juga diprioritaskan untuk infrastruktur seperti jalan desa, irigasi, jembatan sederhana dan talud. Untuk mendukung pembangunan infrastruktur tersebut dibutuhkan tenaga profesional sekitar 1.200 sarjana dari berbagai keahlian. Minat Pengelolaan Infrastruktur dan Pembangunan Masyarakat diharapkan dapat menjawab kebutuhan tersebut. Lulusan minat ini adalah tenaga profesional baik sebagai manager maupun analis yang mumpuni dalam kegiatan mendayagunakan infrastruktur sebagai agen perubahan.

    INSTITUSI PENDUKUNG

    Penyelenggaraan pendidikan Minat Pengelolaan Infrastruktur dan Pembangunan Masyarakat, Sekolah Pasca Sarjana UGM didukung oleh 18 Fakultas di lingkungan UGM dan Pusat Studi Transportasi dan Logistik UGM.  Pengembangan kurikulum dan silabus difasilitasi oleh UGM bekerja sama dengan The Faculty of Internasional Institute for Geo-Information Science and Earth Observation (ICT), University of Twente Belanda, Keypoint Consultancy, Belanda. Kuliah, ceramah dan diskusi diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan Inggris.